Gerakan Kendari Mengajar


Saat ini, di Indonesia telah lahir banyak Komunitas ataupun gerakan-gerakan yang konsen ke pendidikan. Tidak hanya di daerah-daerah lain, komunitas-komunitas serupa juga ada di Kendari, salah satunya adalah Gerakan Kendari Mengajar (GKM). Gerakan Kendari Mengajar (GKM) merupakan sebuah gerakan nonprofit yang dipelopori oleh anak-anak muda di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara dan di dirikan pada bulan Juni 2013. Berbekal Semangat Berbagi, anak muda-anak muda yang berasal dari berbagai latar belakang pendidikan ini, bersinergi untuk bergerak mengupayakan pembaikan bidang pendidikan di daerah-daerah pinggiran di kota yang memiliki andil besar dalam kehidupan mereka. Mengemban misi penting untuk memberikan pengajaran, mendidik, dan menebar inspirasi. Mereka memiliki harapan yang sama, agar kelak di tanah ini, pijar-piijar kecil pembakar peradaban dapat lahir dan bertumbuh.

Terinspirasi oleh Indonesia Mengajar, para volunteer GKM percaya bahwa “mendidik adalah tanggungjawab orang-orang terdidik”. Saat ini GKM mempunyai sekitar 40 volunteeer aktif yang sebagian besar dari mereka adalah mahasiswa (i) di Perguruan-Perguruan Tinggi di Kota Kendari dan sebagain lainnya adalah para Fressh Graduate. Para volunteer yang tergabung dalam GKM berasal dari berbagai latar belakang pendidikan yaitu FKIP (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) , Hukum, Ekonomi, Kesehatan Masyarakat, Ilmu Sosial dan Politik, Pertanian dan Teknik. Tujuan didirikannya GKM sangatlah sederhana, mereka ingin membuat suatu perubahan, melakukan sesuatu yang sederhana untuk membantu pendidikan anak-anak yang berada di Pinggiran Kota Kendari. Selain hal tersebut, GKM juga ingin membagi inspirasi dan membuka wawasan mereka akan kemungkinan masa depan yang bisa mereka raih, bahwa mereka bisa pergi kemanapun mereka pergi dan menjadi apapun yang mereka inginkan. Mereka menyadari bahwa sekedar berkata-kata indah penuh semangat tidaklah cukup. Mereka perlu melakukan suatu aksi, aksi kecil yang mungkin menginspirasi orang lain untuk juga ikut bergerak.





Saat ini Kendari Mengajar mempunyai dua daerah binaan, yakni Puulonggida, Kel. Watulondo, Kec. Puuwatu dan Nanga-Nanga, Kel. Baruga, Kec. Baruga yang di pusatkan di SD N 20 Baruga. Puulonggida dapat diakses melewati 1 km jalan beraspal dan 1 km jalan berbatu (pengerasan), belum dialiri listrik. Di sana terdapat 45 anak binaan dengan kisaran usia 5-13 tahun, sebagaian besar dari mereka bersekolah di Sekolah Dasar yang ada di Daerah Puulonggida . Pada tahun 2011 Puulonggida di tetapkan sebagai daerah Wisataoleh Pemerintah Kota Kendari, namun kini telah terlupakan. Sedangkan di Nanga-Nanga terdapat 100 anak binaan dengan kisaran usia 5-12 tahun yang. Lokasinya dapat ditempuh melalui jalan berbatu sejauh ± 5 km dari jalan poros Kendari-Konda dan juga belum dialiri listrik PLN. Sulitnya akses jalan dan Keterbatasan jumlah guru menjadi salah satu hal yang melatarbelakangi terpilihnya kedua daerah ini sebagai lokasi binaan GKM.


Untuk mendukung kegiatan yang dilakukan, para volunteer yang ada tersebar ke beberapa divisi yang ada di GKM yakni Divisi Pendidikan (Tim Kurikulum, Tim Kretif, dan Tim Taman Baca), Divisi Humas, Divisi Fundrising, Divisi Volunteering, Divisi Administrasi dan tentunya para Pengajar itu Sendiri. Para pengajar yang tergabung dalam GKM mengajarkan pelajaran yang bersifat intrakulikuler seperti Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris , Quran, Matematika, dan Pengetahuan Umum dan ektrakulikuler yang bersifat keterampilan seperti menggambar, belajar sambil bermain dan lain sebagainya. GKM membagi adik-adik binaan mereka ke beberapa grup kecil , yang setiap grupnya tidak lebih dari lima/enam orang berdasarkan level kemampuan bukan umur. Para adik-adik binaannya akan dievaluasi setiap tiga bulan sekali. GKM tidak hanya focus kepada prestasi akademik yang cepat tetapi juga kepada pendidikan karakter adik-adik binaan mereka.


GKM adalah komunitas yang dinamis yang memiliki banyak rencana untuk masa depan. Baru-baru ini, GKM telah meluncurkan program Gerakan Buku 1000, yang bertujuan mengumpulkan donasi buku dan menyebarkannya di wilayah-wilayah terpencil dan membutuhkan di sekitar Sulawesi Tenggara. Dalam jangka panjang, seluruh volunteer GKM berharap untuk membuat Gerakan ini terus berkelanjutan. Salah satu cara ini dapat dicapai adalah dengan membuatnya secara legal. Namun, apa pun yang terjadi di masa depan, semua relawan GKM saat ini merasa bahagia dapat memberi sesuatu kepada tanah tempat mereka tumbuh dan berkembang, Sulawesi Tenggara. (AN/GKM)


Kendari Mengajar: "
Mengajar, Mendidik, Menginspirasi"
Sekretariat : Jl. Bunga Seroja No. 19. Kel. Lahundape, kec. Kendari Barat, Kendari.
CP. 081935359190/085241723731.
Blog : http://kendarimengajar.blogspot.com/
Youtube : http://www.youtube.com/channel/UCGSXQaP_fMDEau01awdd5OQ
Facebook : ‘Gerakan Kendari Mengajar
Twitter : @KDI_Mengajar.
Instagram : @kendari_mengajar. 

Share on Google Plus

About SULTRANESIA TV

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar :

Posting Komentar