KoJAK (Komunitas Anak Jalanan Kendari)


SULTRANESIA - KENDARI. KoJAK (Komunitas Anak Jalanan Kendari) adalah sebuah lembaga perkumpulan anak-anak muda Kendari yang kreatif, yang bergerak di bidang pendidikan sosial untuk anak jalanan yang berada di Kota Kendari. KoJAK merupakan sebuah kegiatan amal yang tidak menitik beratkan artian “sekolah” pada sebuah gedung ataupun hal-hal yang bersifat industrialisasi pendidikan. Melainkan lebih menekankan pada aktifitas ajar – mengajar untuk tiap anak jalanan.


KoJAK berpikir untuk turut mengubah Indonesia menjadi lebih baik dari hal yang paling tidak diperhatikan, yaitu; generasi baru. Dan sebagian besar dari generasi baru ini adalah kaum-kaum yang terlantar dan tidak mendapat perhatian yang cukup sehingga tidak heran jika tindakan kriminal terjadi sebagai aksi protes karena anak jalanan tidak diberi kesempatan yang sama seperti generasi baru pada umumnya. KoJAK mengajarkan segala macam bidang talenta yang mampu dibagikan oleh pengajar. Mulai dari pelajaran umum, musik, seni rupa & keterampilan, seni tari, teater, komputer dan internet, bahasa, seni tulis, dan lain-lain yang mampu meningkatkan dan memperkaya bakat dan kemampuan target yang diajar untuk bekal anak jalanan kedepannya. Sehingga sebagai anak-anak jalanan, mereka punya banyak yang bisa dieksplor dan mereka manfaatkan untuk bertahan hidup selain mengamen, mengemis ataupun segala kegiatan-kegiatan yang merusak masa depannya.


KoJAK juga mempertimbangkan agar metode mengajar yang diteraokan tidak terlalu berat dan lebih mengembangkannya ke arah praktikal yang juga diselingi dengan permainan-permainan yang bisa mengasah otak dan olah tubuh (semisal: menggambar bebas, mewarnai, board games dan lain sebagainya) sebagai jembatan yang mudah diseberangi dari perbedaan posisi pengajar dan yang diajar. 




Untuk memulai aktifitas ini, KoJAK juga membutuhkan para sukarelawan.
 Sukarelawan dibagi menjadi 3 bagian yang mencakupi tugasnya masing-masing, yaitu;

SPONSORPihak SPONSOR adalah pihak pendana utama. Sumbangan yang KoJAK terima tidak harus dalam bentuk uang. Bisa juga pakaian, makanan anak, vitamin atau obat-obatan, peralatan ajar-mengajar seperti alat-alat tulis dan buku baru dan bekas, transportasi untuk mengajak para murid ke suatu tempat untuk rekreasi, atau dalam kasus ini yang paling penting mungkin adalah tempat mengajar. Karena KoJAK memulai tanpa dana, dan karena itu belum memiliki tempat khusus dan masih menggunakan fasilitas publik. Pihak SPONSOR berhak mendapat laporan mengenai segala aktifitas dan peningkatan para murid KoJAK sesuai dengan bidang yang mereka sponsori. (Misal: Jika pihak SPONSOR menyumbangkan obat-obatan, ia akan menerima laporan kesehatan para murid. Jika SPONSOR menyumbangkan buku-buku, ia berhak menerima laporan soal proses pengajaran yang melibatkan buku-buku yang disumbangnya. Namun jika SPONSOR menyumbang dana, ia diharuskan mendapatkan laporan keuangan dana tersebut mengalir kemana saja, dan sebagainya.)


SUPPORTER
SUPPORTER adalah tim yang bertindak sebagai orang dibelakang layar. Mereka adalah orang-orang yang bertugas mengembangkan proyek sosial ini secara pasif dan tidak berurusan langsung dengan para murid. Mereka adalah pembina dan para senior pengajar, Pihak promosi, pencari data, pencari pengajar, dokumentasi, gudang link dan segala hal yang bisa mereka berikan untuk membantu setiap kegiatan KoJAK dalam segala aktifitasnya. Apabila ada dari pihak murid kojak yang berkompetensi dengan bakatnya, tim SUPPORTER-lah yang akan bertugas memilah-milah agen pencari bakat atau mendaftarkan mereka untuk mengikuti lomba di bidang yang mereka kuasai. Meski tidak terikat kontrak, namun SUPPORTER adalah ujung tombak para murid menjadi berguna dan dapat dikenal luas oleh masyarakat. Para SUPPORTER biasanya adalah pihak-pihak yang ingin ikut bergabung menjadi pengajar namun lokasi mereka berada di luar kota. Atau mereka yang punya pekerjaan dengan jadwal padat sehingga hanya bisa membantu dari balik meja kerja mereka.


PENGAJAR

Target PENGAJAR yang KoJAK terima bisa siapa saja. Diutamakan mereka yang punya bakat dan kemampuan yang bisa dibagikan pada calon muridnya secara praktikal. Berkomitmen dalam mengajar di bidangnya dan bisa bekerja sama dalam team.

Pihak PENGAJAR yang akan langsung berhubungan dengan para murid dan diharapkan memiliki kesabaran yang luar biasa dan tidak radikal sehingga bisa menjadi contoh baik bagi yang diajarnya. Bila ada dana, KoJAK berencana untuk mengundang pengajar-pengajar lainnya yang lebih berkompeten dan dikenal luas sebagai motivator, dalam sebulan sekali atau lebih.




Awalnya komunitas ini fokus pada kota Kendari. Umur tidak dibatasi, namun untuk memulainya, komunitas ini lebih memilih mendidik anak-anak sekitar 7 tahun sampai 11-12 tahun secara sukarela. Memilih anak-anak jalanan yang belum menuju remaja karena komunitas ini sendiri sadar akan pengalaman dalam menghadapi perilaku remaja jalanan yang (wajar saja) skeptik akan segala bantuan sosial yang ada. Namun tidak tertutup kemungkinan KoJAK akan sangat membuka tangan apabila para remaja jalanan ingin ikut serta dalam proses belajar. Beberapa remaja juga sudah mulai ada yang ikut dalam kegiatan belajar.


Dengan kegiatan ini, KoJAK berharap adanya turut campur dari para sukarelawan yang ingin bergabung untuk hal-hal baik yang bisa dibagikan dan secara tidak egois mengharapkan imbalan dana karena memulai ide ini diawali secara tulus dan tidak berniat untuk menghasilkan uang. Segala aktifitas ini tidak berkaitan dengan kampanye partai manapun. Tidak mengatasnamakan agama apapun. Karena KoJAK mengharapkan ketulusan dan keikhlasan tanpa imbalan apapun. Berawal mula dari Kota kendari, KoJAK berharap bisa menyebarkan dampak yang positif ke kota lainnya. Hingga mungkin KoJAK ini bisa bercabang ke daerah lainnya yg ada di Sulawesi Tenggara.

Dengan niat tulus, semoga perlahan-lahan cara ini bisa mengatasi eksploitasi anak yang turun kejalan dan menyodorkan tangan untuk mengamen dan meminta-minta. Insya Allah dari mimpi ini punya harapan dan mencoba untuk tidak sinis dengan segala upaya yang bisa dilakukan. 

"Beri Anak Jalanan Kesempatan Menikmati Pendidikan, Jangan Beri Anak Jalanan Uang"


Saat ini KoJAK mengadakan kegiatan belajar mengajar anak jalanan setiap hari minggu sekali di pelataran bawah Mesjid Agung Kendari mulai pukul 15.00.

Buat semua yang ingin berpartisipasi/saran/kritik bisa kirimkan nama, lokasi, contact; pin bb/no.telp/no.hp/email, dan jenis bantuan semua SPONSOR/SUPPORTER/PENGAJAR melalui:
Twitter : @KoJAkKDI

Phone/sms : 0811401180
Share on Google Plus

About SULTRANESIA TV

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar :

Posting Komentar