Mengapa sultranesia.com HARUS Ada?


Mungkin followers dan pembaca pada bertanya "Kenapa mimin mau bersusah payah meluangkan waktu untuk mengurusi www.sultranesia.com?" padahal akun twitter @sultranesia sendiri sudah memakan waktu yang banyak. Hampir tiap hari, jeda 3 jam sekali TL @sultranesia yang dulunya @EsplorasiSULTRA pasti muncul. Padahal mimin tak digaji oleh siapapun. Untuk apa semua ini?

Daripada banyak spekulasi diluar, maka dari itu mimin akan jelaskan kenapa sultranesia.com harus ada dan terus eksis kedepannya.

Sekerdil pengetahuan mimin, selama ini hanya ada 3 kemungkinan bila seseorang ingin dimuat tulisan atau kegiatan organisasi/komunitasnya di media besar.

Pertama, bila tulisan yang masuk dimeja redaksi bersanding penulis kenamaan dengan yang masih baru, maka redaksi akan lebih mempertimbangkan penulis kenamaan ketimbang yang baru. Bahwa penulis yang telah memiliki nama cenderung lebih meyakinkan karena dari track record, pengetahuan dan pengalaman sudah jelas, juga benar. Namun, terkadang yang juga terjadi adalah bila tulisan yang dikirim tidak dimuat maka tulisan tersebut akan mengendap dimeja maupun email redaksi. Tak ada proses edukasi didalamnya. Misalkan, tulisan dikirimkan kembali oleh penulisnya dengan 'coret merah' mana saja yang membuat tulisan tersebut belum layak muat dan penulis musti membaca literasi mana saja untuk memperkaya pandangannya terkait tema dari tulisan tersebut. Hal ini akan mimin lakukan bila ada tulisan followers dan pembaca yang belum layak muat. Seperti pada tulisan sebelumnya, mimin memang bukanlah penulis handal dan seorang jurnalis. Maka langkah yang mimin lakukan untuk menindaki hal tersebut adalah mencoba memberi catatan dan terlebih dahulu berkonsultasi dengan penulis yang berpengalaman untuk kemudian tulisan tersebut diberi arahan dan dikembalikan pada penulisnya.

Kedua, selama ini, kegiatan/event dari organisasi maupun komunitas sangat jarang menghiasi halaman utama media online. Pun di ulas, jumlahnya hanya kecil ketimbang porsi berita politik dimana hampir seluruh founders dari media besar tersebut adalah pemain dari partai politik tertentu yang bisa disederhanakan akan mengutamakan kepentingan politik big bossnya, kecuali media/portal komunitas. Kegiatan sosial jarang mendapatkan ruang pemberitaan yang banyak, padahal kegiatan yang inspiratif sangat dibutuhkan untuk memberi semangat hidup pada generasi selanjutnya. Maka dari itu Sultranesia hadir untuk mengutamakan kegiatan sosial yang memberi rasa optimis bahwa di Sulawesi Tenggara masih ada organisasi/komunitas yang melakukan kegiatan yang positif yang bisa mengangkat citra daerah. Ketika yang lain memberitakan pesimisme maka kegiatan yang baik harus dipublikasi agar generasi hari ini tidak hanya mengkonsumsi hal-hal yang menghantui alam pikiran. Untuk menang melawan kekuatan pemodal besar harus dengan kreatifitas bukan dengan otot maupun mencoba jadi 'cukong' pemodal lainnya. Ciptakanlah ruang. Urusan ruang yang diciptakan itu tak populer, itu belakangan. Yang terpenting adalah telah ada panggung yang memfasilitasi dan mempublikasi kegiatan dari kelompok-kelompok yang memberi energi positif.

Ketiga, Harapan mimin adalah ketika masyarakat maya ngegoogling dengan kata kunci Sulawesi Tenggara kedepan bukan hanya wikipedia atau website pemerintah yang dapat dilihat. Tapi melalui sultranesia.com masyarakat bisa tau eksotisme, event positif, dan karya-karya anak Sultra. Banyaknya komunitas/gerakan sosial yang mengadakan event edukatif, kreatif dan mendidik sangat perlu untuk didorong.

Demikian sekilas alasan sultranesia.com musti ada dan eksis kedepannya. Bila ada tulisan, karya, event kreatif dan kegiatan sosial organisasi/komunitas yang ingin dimuat di sultranesia.com silahkan mengirimkan ke email : sultranesia@gmail.com. Tebarkan rasa optimisme pada generasi muda.
Share on Google Plus

About SULTRANESIA TV

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar :

Posting Komentar