Sate Pokea Makanan Khas Kendari



Sate Pokea memang hanya ada di Kendari. Mungkin didaerah lain juga ada, tapi yang pasti bukan pokea namanya. Menurut pengamatan saya, makanan yang satu ini lebih banyak dijajakan di jalanan ketimbang di rumah makan ataupun restoran. Sate Pokea lebih sering dibawa keliling oleh penjualnya utamanya ditempat pariwisata seperti pantai. Kebanyakan yang menjual juga masih tergolong anak-anak sembari teriak “sate pokea” teriakan ini membawa khas makanan ini untuk menggoda selera setiap orang yang mendengarnya.

Bahan utamanya dari jenis kerang darat yang diambil dari kali/sungai pohara yang bernama Pokea. Pokea adalah jenis keong yang banyak hidup di sungai pohara. Selain itu bumbu yang digunakan dari kacang serasa pas dan serasi untuk memanjakan lidah.

Foto by Oktaf_RQ

Sebagaimana layaknya sate, maka sate pokea juga disajikan dalam satu tusukan lidi yang bisa berisi sampai 5 buah pokea. Paling pas di lidah jika makanan ini disantap bersama dengan nasi ketan yang khas ala kendari.

Untuk mencicipi makanan ini tidak perlu mengeluarkan dana yang banyak karena rasanya cukup 20ribu per orang kita sudah bisa menikmati namanya “sate pokea” khas Kota Kendari.

Jika berkunjung ke Kendari tak lengkap rasanya bila tak merasakan kuliner yang satu ini. Lebih khas lagi jika ingin merasakan makanan yang satu ini, bisa mengunjungi salah satu warung di daerah Pohara, kurang lebih 25 Km dari Kota Kendari.

Foto Sate Pokea by Nasrullahau


Atau jika bingung bisa menghubungi dan silakan tinggalkan nama dan alamat pada kolom komentar tulisan ini. Ok saya tunggu. Kendari Me’ambo.


Author:
@muchtarkendari

Share on Google Plus

About SULTRANESIA TV

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

2 komentar :

  1. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai wisata kuliner Indonesia. Indonesia yang terdiri dari berbagai daerah yang memiliki ke khasan wisata kulinernya masing-masing. Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai pariwisata indonesia yang bisa anda kunjungi di www.pariwisata.gunadarma.ac.id

    BalasHapus
  2. artikelnya bagus, ijin share di https://ksmtour.com , terimakasih

    BalasHapus