American Film Showcase (AFS), Diselenggarakan Perdana Di Kota Kendari

SULTRANESIA, KENDARI - Sabtu malam tanggal 18 April 2015 bertempat di Dblitz Hotel Kendari, berlangsung acara pemutaran film dokumenter dengan durasi waktu 60 menit dan talkshow selama 30 menit bersama sutradara film ternama yang telah mendapat penghargaan untuk Fitur Dokumenter New Orleans Film Festival 2013. American Film Showcase (AFS) merupakan program inisiatif dari Departemen Luar Negeri Amerika Serikat bekerja sama dengan University of Southern California's School of Cinematic Arts (SCA). Melalui program ini, Kedutaan Besar dan Konsulat Jenderal Amerika Serikat (AS) mengundang Leah Mahan sutradara film asal AS untuk acara film screening dan diskusi mengenai isu-isu masyarakat Amerika Serikat dari sudut pandang film dokumenter.

Sebelumnya dikantor Yascita dan Kompas TV Kendari telah berlangung workshop singkat tentang pelatihan pembuatan film dokumenter yang diikuti oleh para sineas lokal dan pelajar yang ada di kota Kendari. Dari workshop tersebut menghasilkan 4 film dokumenter yang nantinya akan dimasukkan ke dalam youtube USConGenSurabaya untuk mengikuti perlombaan yang diadakan oleh Konsulat Jenderal AS sebagai wujud apresiasi kepada para peserta workshop yang ternyata memiliki potensi besar untuk menjadi pelaku industri kreatif disektor perfilman.

Acara pemutaran film “Come Hell or High Water” karya Leah Mahan, yang mengangkat isu tentang lingkungan hidup dan kehidupan masyarakat diperkampungan negara bagian Amerika Serikat. "Konsulat Jenderal AS memilih kota Kendari sebagai salah satu kota yang dikunjungi dalam rangkaian program AFS ini mengingat isu lingkungan hidup merupakan isu yang lagi hangat di Kendari dan kami ingin menjangkau komunitas anak-anak muda yang kreatif di Kendari", Ungkap Esti Durahsanti dari Konsulat Jenderal AS di Surabaya.

"Kami menggandeng Kendari Kreatif (KK) sebagai lembaga sosial masyarakat yang bergelut dilingkup ekonomi kreatif dalam pemberdayaan masyarakat dan komunitas lokal demi pengembangan industri kreatif di kota Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara. Selain itu juga, kami telah banyak membaca ulasan media tentang kegiatan teman-teman Kendari Kreatif (KK), serta ingin berkenalan dengan komunitas KK. Harapan kami melalui program ini, dapat tercipta hubungan dan kerjasama yang lebih baik antara Konsulat Jenderal AS dan anak-anak muda di kota Kendari", tutup Esti.

Di kegiatan ini pihak penyelenggara mengundang peserta diantaranya mahasiswa, masyarakat umum, aktivis LSM, pengusaha muda, seniman, komunitas dan pihak terkait yang berminat terhadap isu lingkungan hidup dan industri kreatif, khususnya para pembuatan film dokumenter. Dalam kunjungan program AFS ini, Leah Mahan didampingi oleh Carolina Escalera yang merupakan Public Affairs Officer, Esti Durahsanti dan Christian Simanullang yang merupakan Public Affairs Assistant Konsulat Jenderal AS.

Dalam sambutannya Carolina Escalera mengungkapkan bahwa untuk pertama kalinya saya berkunjung di kota teluk ini, yang menjadi kota pertama dalam rangkaian program American Film Showcase (AFS). Kendari merupakan salah satu kota hijau di dunia yang masih memiliki kekayaan hayati dan harusnya tetap dilestarikan. Kedutaan Besar dan Konsulat Jenderal AS juga memiliki aneka program yang ditujukan buat anak-anak muda kreatif. Diantaranya pertukaran pemuda, beasiswa kuliah di Amerika Serikat, dana hibah sebagai bantuan dana kegiatan sosial kemasyarakatan. Peluang dan potensi untuk meraih program itu sangatlah besar bagi komunitas kreatif dan generasi muda yang ada kota Kendari.


Sementara Rendra selaku Founder KK dalam kesempatan yang sama diawal acara mengatakan bahwa, "ini merupakan bentuk penghargaan atas semua hasil kerja dan karya dari para pejuang KK yang telah berkontribusi dalam pengembangan ekonomi kreatif bagi warga dan kota Kendari. Walaupun selama ini, segala aktifitas KK kurang mendapat perhatian dan dukungan dari pemerintah daerah. Dengan adanya kerjasama program bersama Konsulat Jenderal AS telah membuktikan bahwa keikhlasan dalam berjuang, bekerja dan berkarya membangun serta mengembangkan industri kreatif lokal. Pastinya akan menuai hasil, makna, nilai dan harga yang baik dari pihak luar". Harapannya hasil dari kegiatan ini, setelah mengikuti workshop dan sosialisasi. Para sineas lokal bisa juga menghasilkan karya nyata dengan prestasi nasional maupun internasional.

Diakhir acara American Film Showcase (AFS), Kendari Kreatif memberikan cenderamata kepada Konsulat Jenderal AS berupa aplikasi Kendari City Branding “ILIKENDARI” dan plakat Celebes yang merupakan kriya pasir karya Adham Art. Serta buku dari Soeharto Center yang diserahkan langsung oleh perwakilan Cendana News yang ada di kota Kendari, begitupun dari pihak Dblitz Hotel Kendari. Sebaliknya pihak Konsulat Jenderal AS memberikan cenderamata kepada Kendari Kreatif berupa paket aksesoris dan buku petunjuk belajar di Amerika Serikat.

Share on Google Plus

About SULTRANESIA TV

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar :

Posting Komentar