Interview: Andi, Founder-CEO Owners World Wide

Andi, Founder-CEO Owners bersama Reza x-Drumer Noah.

Perkembangan distribution store/distribution outlet yang disingkat distro sangat bertumbuh pesat di banyak kota di Indonesia, terkhusus di kota Kendari. Produk-produk clothing yang diproduksi secara terbatas dan di distribusikan melalui distro kemudian menjadi trend bagi kaula muda yang ingin tampil trendy, ditambah banyak artis yang memilih menggunakan produk distro ketika tampil di tv maupun acara live offline. Di Kota Kendari sendiri, distro mulai masuk sekitar tahun 2004-2006. Terlihat dari kemunculan beberapa distro di area Mandonga dan Kota Lama. Hingga saat ini, terhitung ada puluhan jumlah distro di Kota Kendari.



Pada 28 juni 2015, Sultranesia melakukan wawancara bersama Andi Pangeran atau yang popular dipanggil Bung Andi, sang pemilik clothing Owners. Owners World Wide adalah salah satu clothing nasional yang kini mulai membangun toko sendiri di beberapa kota-kota besar di Indonesia. Selain produknya berhasil masuk dalam pasar nasional, clothing ini juga mulai merambah pasar asia dan afrika. Untuk lebih jelasnya silahkan menyimak interview berikut: 

Sejak kapan memulai bisnis Clothing?
Saya memulainya sekitar 4 tahun yang lalu, di tahun 2011.

Nama Owners terinspirasi darimana?
Nama Owners, saya ambil dari sebuah doa & harapan saya. Sedikit flashback, saya memulai dari sebuah kesulitan, saya lama hidup di jalanan. Sejak lulus SMA saya memilih merantau dengan segala beban & tanggung jawab yang saya pegang atas pilihan saya. Saya memulai dengan menjadi seorang salesman, menawarkan produk brand orang ke toko-toko maupun distro untuk di grosirkan. Disitu muncul doa & sebuah harapan, saya ingin punya merk suatu saat nanti yang di distribusikan ke distro-distro seluruh Indonesia. Sekarang Alhamdulillah sudah sampai masuk pasar asia & afrika juga. Singkatnya seperti itu.

Produknya sudah tersebar di daerah mana saja?
Owners World Wide lahir di Bandung, walaupun saya sendiri lahir di Sulawesi, hehe... Kalau ditanya sudah masuk dimana saja, alhamdulillah untuk seluruh kota besar di Indonesia sudah masuk, sudah pada jadi authorized dealer resmi Owners. Yang paling jauh Asia, ada di Johor Baru Malaysia & Africa. Mohon doanya saja ya biar bener-bener bisa Worldwide.

Dsain owners temanya tentang apa? Keunggulannya dimana?
Design konsep streetwear. Lebih condong seperti merk luar. Karena dari nama worldwide: mendunia. Untuk design sendiri, di design dengan freehand, lebih detail & berkarakter. Dari segi material bahan yang digunakan, untuk kaos cotton combed press order langsung ke pabrik. Tidak dijual umum. Jadi kualitas bahan benar-benar terbaik.


Kalau Outlet Owners di Kota mana saja? 
Untuk outlet atau store cabang Owners langsung, ada 5, di kota Banjarbaru, Banjarmasin, Bekasi, Bandung & yang terbaru di kota tercinta Kendari... Hehe
Insyallah tahun ini saya bersama team masih terus pengembangan, dan rencana target kami selanjutnya di kota Makassar, Palembang & Bogor, Insyallah.

Owners buka store di Kendari?
Bener, Insyallah bulan Juli soft opening Owners cabang Kendari.

Grand launchingnya nanti akan ada event apa?
Insyallah untuk grand openingnya, saya harap bisa langsung hadir ke Kota Kendari bersama beberapa artis untuk memeriahkan. Rencananya bakal ngadain akustikan band.


Kenapa buka Distro di Kendari? Rindu kampung halaman atau ada hitungan tertentu? Kan di Kendari sudah banyak Distro. Apa tidak takut bersaing? 
Kenapa buka di Kendari... Ok... gini, saya bisa dibilang pernah tumbuh besar di Kendari, saya pernah sekolah SD 2 tahun & sma 1 tahun disana. Jadi alasan kenapa disana, saya punya banyak sahabat disana. Saya selalu berharap usaha yang saya bangun ini, selain bisa membuka lapangan kerja baru, sekaligus saya bisa bersilaturahmi dengan sahabat maupun keluarga yang jauh.

Soal persaingan, dibanding Kendari, persaingan di Bandung lebih sengit. Bandung adalah gudangnya dunia clothing di Indonesia. Justru karena persaingan, saya bersama team jadi penasaran. Dan itu akan menambah tantangan kami. Kami sangat suka dengan tantangan. Kami percaya dengan kualitas produk kami. Langsung saja ke Jalan Syech Yusuf no 19 samping Waroenkoe Cafe, belakang Bank Mandiri Mandonga kalau tidak percaya. Hehehe


Marketing Owners bagaimana sih, Om? Sampai bisa mengindonesia bahkan masuk pasar Asia dan Afrika?

Soal marketing, kalau dijelasin harus detail sih. Soalnya itu yang menjadi kunci kesuksesan sebuah produk. Secara umum saya selalu meyakinkan kelebihan produk, ke level eksklusif sebuah produk. Dimana baik untuk konsumen retail maupun wholesale puas. Itu kuncinya.


Plan kedepan setelah buka outlet di Kendari apalagi?
Untuk planning selanjutnya, seperti yang saya sebutkan di atas, saya masih terus tahap pengembangan store milik sendiri, harapan store saya sendiri pun bisa ada minimal di seluruh kota di Indonesia.

Om Andi kan masih muda, semuda itu sudah terhitung sukses. Bagi tipsnya dong Om.
Soal tips... banyak yang menilai saya sudah bisa dikatakan sukses,walaupun saya sendiri sampai sekarang belum tau persis sukses itu di tahap pencapaian apa. Yang jelas & yang bisa saya bagikan sebagai tips, tentukan dulu dari diri sendiri, Anda tipe org sperti apa? pejuang? pekerja keras? instan? Dsb....
Kenali karakter kalian sebelumnya, intropeksi diri sendiri. Ketika sudah tau seperti apa, posisikan karakter kalian yang sesuai dengan porsi kerjaan yang sesuai buat juga tentunya. Kemudian, sebagai pelajaran, jangan selalu melihat kesuksesan seseorang sebelah mata, tapi lihat apa yang sudah dilakukan orang tersebut sehingga sukses. Seorang pengusaha yang sukses pasti akan melalui tahap dimana ada pengorbanan, perjuangan, pantang menyerah, kerja keras, fokus & yang menjadi kunci utama kekuatan mental. Mental menjadi peran nomer 1 bagi seorang pengusaha.


Owners World Wide
Twitter: @Owners_wo
Fb: Owners World Wide
Instagram: OwnersWorldWide_
Store Cabang Kendari: Jalan Syech Yusuf no 19 samping Waroenkoe Cafe


*Ikal
Share on Google Plus

About SULTRANESIA TV

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar :

Posting Komentar