Clas of Clans Futsal Turnament 2015: Ajang Solidaritas Gamers Kendari




SULTRANESIA, Kendari - Kendari Clans (KC) adalah sebuah komunitas gamers Clas of Clans (COC) dan memiliki jejaring diseluruh daerah di Sulawesi Tenggara hingga jejaring nasional. Komunitas Kendari Clans aktif melakukan berbagai kegiatan games, sosial kemasyarakatan serta mensosialisasikan nilai positif dari permainan elektronik yang ada, sebagai buah karya dari hasil perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Sebelumnya KC telah menyelenggarakan bazaar COC untuk menghimpun dan menyatukan beberapa clans yang kini semakin banyak bermunculan, khususnya di kota Kendari.

Pada bulan Ramadhan lalu selain kegiatan bazaar, KC beserta jejaring clans yang ada di kota Kendari juga mengadakan acara amal di Panti Asuhan untuk memberikan santunan sekaligus menjalin tali silaturahmi serta bermain games bersama anak-anak panti. Semua rangkaian kegiatan tersebut merupakan agenda tahunan yang kini kembali digalakkan oleh pengurus Kendari Clans (KC).

Pre event selanjutnya juga telah sukses diselenggarakan yaitu Clas of Clans Futsal Turnament pada tanggal 29 – 30 Agustus 2015, yang diikuti oleh 24 clans dengan jumlah peserta sebanyak 300 orang, bertempat di Agung Futsal Kendari. Selain beberapa clans, ternyata masyarakat olahraga dan komunitas olahraga yang ada di Sulawesi Tenggara sangat antusias dan mengapresiasi kegiatan ini dengan banyaknya jumlah peserta yang mendaftar. Namun karena jumlah peserta dibatasi hanya sebanyak 24 tim oleh pelaksana. Untuk itu, setiap clans diberikan kebijaksanaan untuk bisa bergabung bersama masyarakat olahraga dan komunitas olahraga untuk membentuk tim futsal yang kemudian menjadi peserta COC Futsal Turnament 2015.


Kompetisi ini merupakan ajang solidaritas untuk mempererat tali persaudaran antar clans yang ada di Kendari dan juga merupakan rangkaian dari agenda kegiatan KC yang di support oleh Kendari Kreatif (KK), serta di sponsori oleh Warkop 41, Nissan Kendari, SMK Kesehatan, YKN Kendari, Kapal Api, Inul Vizta dan Rusda Mahmud Institute. Selama kompetisi futsal berlangsung suasana keakraban dan persahabatan terjalin dengan baik, karena para peserta menjunjung tinggi nilai sportifitas dan rasa kekeluargaan. Adapun para pemenang COC Futsal Turnament 2015 yaitu juara I diraih oleh Clan Kendari Aneka, Juara II disabet oleh Clan Bangkim Sultra dan untuk juara III direbut oleh Clan Ganzas FC.

Tagline yang digelorakan dalam kompetisi futsal antar clans ini adalah “Kita Kuat Karena Kita Bersatu”. Ungkap Racil Pali selaku penasehat KC dalam sambutannya pada acara penyerahan hadiah pemenang. Ini merupakan rangkaian kegiatan yang menjadi program dari Kendari Clans untuk menghimpun kekuatan clans dan menyatukan visi misi dari para gamers untuk berinovasi secara bersama demi menghasilkan karya lokal. Sebagai komunitas gamers yang mensosialisasikan penggunaan IT dan jenis game elektronik secara baik dan benar, kami juga memiliki tanggung jawab akan pelestarian game tradisional yang sudah turun temurun menjadi khasanah kebudayaan dan kearifan lokal, Tutup Racil.

Sementara Isdar ketua pelaksana COC Futsal Turnament 2015 mengatakan bahwa selain kegiatan sosial kemasyarakatan yang telah dilaksanakan pada bulan puasa. Ditahun ini, Komunitas Kendari Clans bersama dengan Kendari Kreatif sebagai partnership dan merupakan lembaga Ekonomi Kreatif yang mendesak adanya percepatan pengembangan industri kreatif di daerah, sedang melakukan pemetaan beberapa game tradisional yang ada di Sulawesi Tenggara untuk di riset sehingga dapat dikombainkan ke computer dan smart phone dalam bentuk aplikasi. Untuk kegiatan kompetisi games antar clans akan dirangkaikan dengan penyelenggaraan pameran games serta pameran industri kreatif dibulan Oktober 2015, yang menjadi puncak acara kami sebagai event nasional dari seluruh Komunitas dan UMKM.



Laporan: Rendra Manaba
Share on Google Plus

About SULTRANESIA TV

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar :

Posting Komentar