Speed Instinct: Band Indie Peka Sosial Asal Makassar

Para porsenil Speed Instinct (Doc. Speed Instinct)
SULTRANESIA, Makassar - Menurut Shakespeare, apalah arti sebuah nama. Namun bagi sebuah band, nama sangatlah penting. Terutama nama Speed Instinct yang dipilih untuk menggambarkan karakter band ini. Speed Instinct berasal dari kata Speed (kecepatan) dan Instinct (Naluri) oleh karena ingin selalu memakai naluri yang besar untuk membuat karya-karya yang dapat diterima oleh pendengar musik di kalangan luas.

Cikal bakal Speed Instinct berawal dari bulan Januari 2012 di kota Makassar, Sulawesi Selatan. Dennis (Guitar) mengutarakan keinginannya membentuk sebuah band dengan konsep yang bergenre rap rock kepada sahabatnya, Kevin X-Leo (Vokal) yang langsung menyanggupi untuk bergabung dengan nama sementara, Dennis’s Project.

Selanjutnya, Dennis dan Kevin mencari personil lain untuk bergabung dan sepakat untuk memanggil Yudha (bass), untuk bergabung setelah pernah bergabung dalam satu band dengan Kevin.

Setelah itu Nirwan (gitar) yang sudah lama dikenal oleh Dennis karena aktif bergiat di scene musik indie Makassar, ikut bergabung pada Mei 2013 setelah Dennis mengetahui bahwa Nirwan menyukai aliran musik yang sama. Dennis pun sepakat memanggil Nirwan untuk ikut bergabung sekaligus mengajak Aslam (Drum) sebagai penabuh drum setelah diperkenalkan oleh Nirwan. Setelah bertemu dan beberapa kali latihan, Speed Instinct pun sepakat dipilih sebagai nama band yang bisa mewakili karakter tiap personil secara keseluruhan yang ingin menjadi band yang kompak secara musikalitas, harmonisasi dan hal-hal positif lainnya yang bisa diberikan kepada orang-orang yang memiliki apresiasi yang tinggi terhadap segala jenis musik di Indonesia.

Speed Instinct sepakat meletakkan ‘benang merah’ musiknya pada genre rap rock yang dipadukan dengan rock n’ roll, funk, heavy metal, grunge dan stoner rock dengan lirik yang berkisar tentang kehidupan sosial, politik keseharian bahkan menentang tirani. Pada November 2013, Speed Instinct untuk pertama kalinya merekam serta merilis single pertama mereka, “Opposition” yang berlanjut dengan merilis single “1998” pada 21 Mei 2014 yang bertepatan dengan 16 tahun lengsernya Soeharto dari tampuk kepemimpinan.

Speed Instinct CD (Doc. Speed Instinct)

Setelah merilis dua single, Speed Instinct pun berniat merekam album penuh setelah mengumpulkan sepuluh materi yang siap dimasukkan dalam album pertama. Proses rekaman dilakukan secara berangsur-angsur dengan pola penjadwalan yang tentative dikarenakan aktivitas utama masing-masing personil di luar band ini. Proses rekaman drum pun dimulai dari September hingga Oktober 2014. Sesi rekaman vokal dan instrument lainnya dimulai pada November hingga Desember 2014. Proses pemolesan akhir atau mastering dilakukan selama Januari 2015 sebelum memasuki tahap replikasi pada Februari dan tahap pengemasan pada awal bulan April 2015.

“Album perdana Speed Instinct yang bertajuk Real Eyes Realize Real Lies ini berisikan sepuluh lagu yang berkualitas, merupakan buah dari kerja keras melatih kecepatan naluri untuk menemukenali riak dan kerikil-kerikil tajam di diri dan lingkungan kita sehari-hari dan kemudian meneriakkannya, berharap ada jabat dan rangkul untuk bersama menyusun siasat hidup yang lebih manusiawi esok hari.” Ungkap Zulkhair Burhan, di Kedai Buku Jenny

“Keberanian bermain lintas genre tersebut oleh Speed Instinct yang memilih membawakan ciri musik seperti ini dengan personil yang memiliki background varian musik yang berbeda-beda. Dalam hal ini berusaha menjelajah kemampuan denisi musik masing-masing di album perdana ini. Divisi propaganda di departemen lirik diyakini mampu menjadi bahan bakar pergerakan kaum-kaum akar rumput. Selebihnya, anda bisa menilai sendiri lagu-lagunya secara wajar yang dirilis dalam bentuk cakram padat ini.” Ujar Acoh Wahab di ulasan Insting yang Lambat di Perangkat, www.revi.us

Tracklist Album Real Eyes Realize Real :
1. Opposition
2. 1998
3. Discrephasick
4. Negara Sedang Sakit
5. Abuse of Power
6. Order Out of Chaos
7. Same Inside, Same Outside
8. What Is Justice
9. Live the Life
10. Rapal

Executive Producer : Speed Instinct & Ragevana Records
Producer : Speed Instinct & Bebhen Fivefoot
Mastering : Bebhen & Dennis at Fivefoot Home Recording
Artwork & Graphic Design : Ayif09
Photography : Bebhen
All songs and lyrics by Dennis Young & Kevin X-Leo, except “Negara Sedang Sakit”
by Achmad Nirwan & Kevin X-Leo

Album perdana Real Eyes Realize Real Lies ini telah dirilis di Record Store Day Makassar pada 26 April 2015. Album yang dikerja bersama Ragevana Records ini merupakan inisiatif yang baik untuk menumbuhkan semangat kerja kolektif antara musisi dan label rekaman indie di Kota Makassar.

Ragevana Records sendiri merupakan label indie Makassar yang baru terbentuk pada bulan Maret 2015 yang bertujuan merilis karya musisi alternative rock yang menurut mereka mampu menginspirasi musisi lainnya untuk memainkan musik yang sama. Untuk rilisan perdananya, Ragevana Records memilih album Speed Instinct - Real Eyes Realize Real Lies ( RGVN001) sebagai album perintis dalam membuka jalan-jalan band alternative rock lainnya untuk dirilis.




Contacts Speed Instinct

Dennis : +6285240622217
Nirwan : +6282348883666
E-mail : speedinstinct@gmail.com
Facebook : Speed Instinct
Twitter : @SpeedInstinct
Address : BTN Minasa Upa Blok AB4 No. 8
Kota Makassar, Sulawesi Selatan
Phone : 085240622217
Label Manager : Dennis Young
Email : ragevana.records@gmail.com


________________________
Released by Ragevana Records
Editor by Ikal
Share on Google Plus

About SULTRANESIA TV

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar :

Posting Komentar