Review Album "Sugar" Skandal

Cover Album "Sugar" Skandal Band

Oleh : Ghina Safitri Sophia
Music Reviewers Sultranesia

Setelah penantian panjang sejak berdirinya di tahun 2011, akhirnya kuartet alternative pop/indie rock asal Yogyakarta ini menyelesaikan debut mini albumnya di tahun 2016 yang resmi dirilis melalui Yellow Records pada 11 Januari 2017 dengan tajuk “Sugar”.

Yah… sesuai tajuk albumnya, keseluruhan lagu dari Skandal ini memang manis, dan manisnya pun diracik dengan tepat dan gak berlebihan. Band ini seperti ingin memberi garansi bahwa mendengar karya-karyanya, kita tak bakal kena penyakit gula.

Rasa-rasanya, Skandal berhasil membuktikan pengakuan mereka yang mencoba menyederhanakan hasil eksplorasi terhadap musik-musik gendrepower pop, slack rock, dan indie rock Amerika-Britania di dua dekade silam serta Indonesian pop pertengahan 90an.

Secara musikalitas, dinamika ke lima lagu dalam “Sugar” terbilang hampir sama, terkecuali pada lagu “Stay Stay Slack” yang sejak awal hingga akhir, vokalisnya seperti ingin memamerkan penguasaan teknik falsetonya. Apalagi pembumbuhan suara back vocal cewek yang dihadirkan dalam lagu ini seperti hanya untuk menjustifikasi hal tersebut.

Sedikit kritik untuk album ini; agak sayang ajah… lagunya telah habis disaat saya masih terhanyut dalam lagu lagu yang didominasi lirik bahasa inggris ini. Kedepan, mungkin personil Skandal harus sering sering berbuat “skandal” atau “berwisata 'lendir' syariah” agar bisa lebih produktif membuat lagu. Sebab, untuk ukuran band yang berumur 6 tahun; hanya menghasilkan total durasi lagu sekitar 18 menit adalah hal yang teramat pendek pada ukuran yang panjang.

Akhirul kata; Robertus Febrian Valentino sepertinya harus mendapat royality yang lebih ketimbang personel lainnya. Sebab, selain sebagai penulis lagu dan gitaris sekaligus vokalis, ia juga penerjemah visual yang tepat hingga konsep album “Sugar” dari cover dan isinya terlihat sebagai satu kesatuan yang keren dan matang.

Sukses untuk tour 6 kotanya, Skandal !
Sultranesia menunggu hasil “skandal”nya…

Share on Google Plus

About SULTRANESIA TV

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar :

Posting Komentar