Simak Film "Sekolah Emperan"




SULTRANESIA, Kendari - Boleh dikata, tahun 2017 ini merupakan tahun kebangkitan perfilman Sulawesi Tenggara. Mulai dari film pendek, film layar lebar, hingga film dokumenter.

Dalam skena film pendek ada "Suara dari Pesisir" garapan sutradara muda Susilo Raharjo yang diproduseri oleh Tirtayasa dari Koheo Film. Film ini bersetting lokasi di Labengki, bercerita tentang remaja suku Bajo yang berjuang mengubah kehidupan lingkungan dan orang-orang terdekatnya dengan bersekolah. Berdurasi full durasi 25 menit, film ini tercatat sebagai film lokal Sultra pertama yang berhasil tayang di bioskop Kendari dimulai pada 7 Mei 2017.

Selanjutnya, ada film "Molulo, Jodoh tak Bisa Dipaksa", disutradarai oleh Irham Acho Bahtiar, bergendre komedi romantik dengan setting lokasi di Sulawesi Selatan, Selawesi Tengah, dan Sulawesi Tenggara. Film ini bercerita tentang seseorang yang menentang perjodohan dari orang tuanya. Kemudian memilih meninggalkan rumah ke Kendari untuk mencari cinta sejatinya. Di Kota Lulo, Ia menemukan gadis idaman hati, tapi kesulitan mendekatinya. Film ini bakal tayang secara nasional di bioskop dalam waktu dekat.

Pada skena film dokumenter, ada film "Sekolah Emperan", disutradari oleh Muslimin dari Ambataro Production. Walau film ini hanya tayang di kanal youtube yang diikutkan dalam lomba Festival Film Nusantara 2017,  film ini merupakan salah satu film dokumenter lokal yang digarap serius. Mengangkat cerita tentang sekelompok pemuda yang mendirikan lembaga pendidikan sosial atau sekolah non-formal khusus anak jalanan dan anak tidak mampu yang dinamai KOJAK (Komunitas Anak Jalanan Kendari). Film ini dibuat sekaligus agar mata Indonesia melihat dan harapannya turut melindungi hak-hak anak terlantar untuk mendapatkan pendidikan yang layak serta terlindung dari praktek-praktek buruk yang mengancam masa depan generasi penerus bangsa. Dan bahwa di tengah jantung kota Kendari, yang hanya berjarak 1,3 KM dari Kantor Walikota Kendari, masih banyak anak terlantar dan ada sekumpulan anak muda yang mau mewakafkan dirinya untuk pendidikan anak jalanan di Kota Kendari.

Simak lengkap film "Sekolah Emperan" di bahwah ini:


Maju terus perfilman lokal Sulawesi Tenggara !


Author : Riqar Manaba

Share on Google Plus

About SULTRANESIA TV

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

1 komentar :