Idea Project Sajikan "Senandung Gambus" Pada 16 September 2017

Poster Publikasi
(doc. Idea Project)
SULTRANESIA, Kendari - Sebagai sebuah lembaga yang salah satu misinya hadir sebagai penguatan berbasis nilai dan keberlanjutan seni tradisi, Idea Project suguhkan musik gambus dengan tajuk Senandung Gambus: "Mengengok Kesenian Rakyat" pada 16 September 2017, mulai pukul 19.30 WITA di Rumah Pengetahuan (RuPa), Kompleks Museum Prov. Sultra, Jl. Abunawas No. 191 Kota Kendari.

Senandung Gambus akan disajikan dalam bentuk semacam konser gambus tunggal yang menampilkan orkes gambus lintas etnis. Mulai dari Gambus Moronene, Tolaki, Buton, Muna, hingga Mandar.

Sajian gambus sendiri telah cukup akrab untuk Idea Project. Dimana pada tahun lalu Idea Project telah melangsungkannya dengan Sastra Lisan. Namun untuk kali ini, untuk pertama kalinya Idea Project meyajikan secara sendiri dengan konten yang lebih kaya dan variatif.

"Kalau gambus sih sebenarnya yang pertama khusus gambus. Tapi sebuah pertunjukannya sudah dua kali ini. Karena yang pertama dulu bergabung dengan sastra lisan." Ungkap Ari Ashari yang merupakan frontman dari Idea Project

Ditanya soal mengapa menyajikan orkes gambus, lelaki yang juga salah satu eksekutif produser film Suara Dari Pesisir ini mengatakan: "Yang pertama, karena memang ini inisiatifnya belum pernah dilakukan kegiatan seperti ini setau saya, ya, di Kendari. Kalau pun pernah ada, tapi itu selalu numpang pada peristiwa tertentu. Kemudian yang ke dua, ini kesenian yang dekat dengan rakyat sebenarnya, khususnya ya rakyat pesisir maupun pedalaman yang sudah jarang kita dengar dan sudah banyak yang hampir punah pelakunya. Nah, kalau ini tidak dilestarikan dari awal, ya kemungkinan berapa tahun berikutnya punah."

Well... bagi kisanak yang ingin menyaksikan konser gambus lintas etnis ini, langsung saja merapat ke RuPa, Sabtu Malam pada pukul 19.30 WITA.

Event ini gratis untuk semua kalangan !!!

Author: Riqar Manaba
Share on Google Plus

About SULTRANESIA TV

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar :

Posting Komentar