WIBER Chapter Kendari Sajikan Diskusi Buku "Lembah Lelaki" di LPKA Kendari


SULTRANESIA, Kendari - Komunitas sosial Wadah Indonesia Berbagi (WIBER) yang kehadirannya fokus dalam memberdayakan anak-anak warga binaan Lembaga Pendidikan Khusus Anak (LPKA) di Indonesia, hadirkan Diskusi Buku Puisi di Lapas Anak Kendari pada Selasa, 17 Oktober 2017, mulai pukul 15.00 WITA.

Buku yang akan didiskusikan bersama para warga binaan LPKA Kendari, Relawan WIBER, dan 10 orang audiens di luar member WIBER adalah buku yang baru saja terbit yang berjudul "Lembah Lelaki", karya penulis muda Kendari, Yusuf Idris Wilo.

Helatan tersebut merupakan salah satu upaya komunitas WIBER dalam mengedukasi para penghuni Lapas Anak di Kendari. Nantinya, penulis "Lembah Lelaki" akan hadir langsung sebagai narasumber untuk berbagi pengetahuan bagaimana proses kreatif hingga buku tersebut terbit, dan juga hal hal yang menginspirasinya dalam pengerjaan puisi tersebut.

Dihubungi SULTRANESIA via fitur chat salah satu sosial media terkait cikal bakal lahirnya WIBER, Gabby Mayang Sari selaku Ketua Umum WIBER Indonesia yang kini tengah membangun WIBER Chapter Bali menuturkan, "Komunitas ini berdiri sejak 6 bulan yang lalu, tepatnya di bulan April (2017). Jadi alasan kenapa terbentuk komunitas WIBER sendiri awalnya ketika saya dan ketiga teman saya terlibat suatu program pelatihan teruntuk lapas wanita dan lapas anak. Selama kurang lebih sebulan kami berada di sana untuk memberikan pelatihan seni. Setelah kurang lebih sebulan berinteraksi dan bertukar cerita dengan mereka, saya sadar bahwa mereka tak sejahat saya pikirkan selama ini. Banyak dari mereka yang masuk karena terjebak ataupun pembelaan diri.
Siang itu saya masuk ke lapas anak dengan membawa kertas untuk meminta data mereka. Namun saat saya meminta mereka untuk menulis nama mereka, beberapa di antara mereka tidak bisa membaca dan menulis. Itu yang membuat hati saya berkecambuk dan berfikir apa yang harus saya lakukan.

Nah, terpikirlah untuk memanggil teman-teman saya yang terlibat kemaren di program tsb, dengan membentuk WIBER sebagai jembatan agar kami bisa terus memberikan edukasi dan membekali keterampilan yang di khususkan untuk Lapas Anak, sehingga nantinya saat mereka bebas, mereka mampu mandiri dan tidak mengulangi hal-hal yang melanggar hukum kembali.


Sistem belajar mengajar yang WIBER tawarkan pun lebih interaktif dan kooperatif, salah satunya yaitu dengan menghadirkan tokoh-tokoh yang inspiratif setiap bulan, dan bulan ini, WIBER menghadirkan Yusuf sebagai penulis “Lembah Lelaki” untuk sedikit membahas isi buku dan ide penulisan buku ini, serta menumbuhkan semangat untuk terus berkarya di usia yang masih muda. So... hal ini di harapkan agar adik-adik di lapas bisa terinspirasi dari kisah Yusuf, untuk terus berkarya dan jangan takut untuk bermimpi."

Riqar Manaba selaku Koordinator WIBER Chapter Kendari di base camp SULTRANESIA pun menambahkan: "Jadi, selama ini, di luar sana ada banyak yah yang mengutuki tindakan kriminal. Utamanya pada mereka anak-anak di bawah umur. Tapi saat bersamaan, mereka tidak melakukan apa-apa. Bisanya cuma nyinyir saja. Pertanyaannya, bagaimana jika adik atau keluarga mereka yang menjadi pelaku? Apakah mereka masih hanya mengukutinya? Nah, walau para warga binaan LPKA itu merupakan orang-orang yang bermasalah, tapi mereka kan juga masih manusia yang perlu juga mendapatkan pendidikan dan pengetahuan. Maka dari itu WIBER ini hadir."

Seraya menggebu-gebu diselingi sruputan kopi dan gepulan asap pada bibirnya, beliau menambahkan: "Kami WIBER Kendari selain melakukan proses belajar mengajar tiap Selasa dan Kamis sore, kami juga memiliki program yang namanya "Inspirator Tamu". Jadi, sebulan sekali kami memanggil orang-orang keren untuk masuk ke Lapas menginspirasi adik-adik, biar saat habis masa tahanannya nanti mereka punya bekal pengetahuan untuk lakukan hal kreatif yang positif nantinya."

Dengan keterbatasan ruang belajar di LPKA Kendari, diskusi buku hanya akan dibuka untuk umum secara gratis sebanyak 10 orang. Buat Anda yang berminat hadir bisa hubungi Moehammad Azhar di 082290167243.

Author: Ghina


Share on Google Plus

About SULTRANESIA TV

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar :

Posting Komentar